Makanan Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan 4/5 (1)

Makanan Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah jenis makanan untuk diet sehat terbaik untuk menurunkan berat badan agar cepat langsing. Fakta-faktanya didukung oleh hasil penelitian sehingga sangat layak dikonsumsi.

Karena tidak semua kalori diciptakan sama.

Makanan yang berbeda melewati jalur metabolisme yang berbeda dalam tubuh.

Mereka dapat memiliki efek yang sangat berbeda pada rasa lapar, hormon dan berapa banyak kalori yang kita bakar.

1. Telur utuh

Setelah dikhawatirkan karena mengakibatkan resiko kolesterol tinggi, namun studi baru menunjukkan bahwa telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak menyebabkan serangan jantung.

Terlebih lagi, telur termasuk makanan terbaik yang bisa anda makan jika ingin menurunkan berat badan.

Telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan bisa membuat anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang sangat rendah.
Makanan diet sehat menurunkan berat badan

 

Satu studi terhadap 30 wanita gemuk berlebih menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi akan membuat kenyang, dan membuat mereka makan lebih sedikit untuk 36 jam berikutnya.

Penelitian lain selama 8 minggu menemukan bahwa telur untuk sarapan meningkatkan berat badan pada diet dengan kalori terbatas dibandingkan dengan roti bagel.

Telur juga sangat padat nutrisi dan dapat membantu anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan pada diet sehat kalori terbatas. Hampir semua nutrisi ditemukan di kuning telur.

Baca artikel sebelumnya : cara efektif mendapatkan berat ideal

 

2. Daun-daunan Hijau

Sayuran berdaun hijau meliputi kangkung, bayam, kol, dan beberapa lainnya, memiliki beberapa sifat yang membuat mereka sempurna untuk diet sehat penurunan berat badan.

Mereka rendah kalori dan karbohidrat, tapi sarat dengan serat.

Mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan tanpa meningkatkan kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran berdaun hijau juga sangat bergizi dan mengandung vitamin, mineral dan antioksidan sangat tinggi. Termasuk juga mengandung kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa studi.

 

3. Ikan Salmon

Ikan berminyak seperti salmon adalah makanan untuk diet sehat terbaik.

Hal ini juga sangat membuat anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit.

Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan juga mengandung berbagai macam nutrisi penting.

Ikan, dan makanan laut pada umumnya, memang memasok sejumlah besar yodium. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat, dan penting agar metabolisme tetap berjalan optimal. Studi menunjukkan bahwa sejumlah besar orang di dunia tidak mendapatkan semua yodium yang mereka butuhkan.

Salmon juga dilengkapi dengan asam lemak Omega-3 , yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan (baca menghilangkan jerawat), yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolik.

Makarel, ikan trout, ikan sarden, herring dan jenis ikan berminyak lainnya juga sangat baik.

 

4. Sayuran Untuk Melangsingkan

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis dan brussels sprouts.

Seperti sayuran lainnya, juga mengandung seratnya tinggi dan cenderung sangat mengenyangkan. Terlebih lagi jenis sayuran ini juga cenderung mengandung protein dalam jumlah yang layak.

Mereka tidak setinggi protein seperti makanan hewani atau kacang polong, tapi harganya tinggi dibanding kebanyakan sayuran.

Kombinasi protein, serat dan kerapatan energi rendah membuat sayuran menjadi makanan yang sempurna untuk dimasukkan dalam makanan jika anda ingin menurunkan berat badan .

Mereka juga sangat bergizi, dan mengandung zat perusak kanker.

 

5. Daging Sapi dan Dada Ayam

Daging telah menjadi sasaran negatif secara tidak adil .

Telah disalahkan untuk segala macam masalah kesehatan, meski tidak ada bukti bagus untuk mendukungnya.

Meski daging olahan tidak sehat, penelitian menunjukkan bahwa daging merah yang tidak diolah TIDAK meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes.

Menurut dua studi tinjauan besar, daging merah hanya memiliki korelasi yang sangat lemah dengan kanker pada pria, dan tidak ada korelasi sama sekali pada wanita.

Yang benar adalah daging merupakan makanan sehat ramah berat badan, karena mengandung protein tinggi .

Protein adalah nutrisi yang paling memuaskan, sejauh ini, dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membuat anda bisa membakar 80 sampai 100 kalori lebih banyak per hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein hingga 25-30% kalori dapat mengurangi hasrat sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil larut malam hingga setengahnya, dan menyebabkan penurunan berat badan hampir satu kilogram per minggu dengan hanya dengan menambahkan protein ke makanan.

Jika anda menjalani diet sehat rendah karbohidrat, maka tidak perlu risau untuk makan daging berlemak.

 

6. Kentang rebus

Kentang putih memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya makanan sehat yang sempurna, baik untuk menurunkan berat badan maupun bagi kesehatan yang optimal.

Kentang putih mengandung ragam nutrisi yang sangat beragam, sebagai salah satu dari hampir semua yang kita butuhkan.

Bahkan ada laporan tentang orang yang hidup hanya dengan kentang saja untuk waktu yang lama.

Kentang sangat tinggi potasium, dimana merupakan nutrisi yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya, dan memainkan peran penting dalam pengendalian tekanan darah.

Pada skala yang disebut Indeks Satiety, yang mengukur bagaimana memenuhi makanan yang berbeda, kentang putih, kentang rebus mencetak nilai tertinggi dari semua makanan yang diuji.

Apa artinya ini adalah dengan mengkonsumsi kentang rebus putih, anda tentu akan merasa kenyang dan kurang makan makanan lain.

Jika merebus kentang, biarkan hingga mendingin untuk sementara waktu, kemudian mereka akan membentuk sejumlah besar penahan zat tepung, zat mirip serat yang telah terbukti memiliki segala macam manfaat kesehatan. Termasuk untuk menurunkan berat badan.

Ubi jalar, lobak dan sayuran akar lainnya juga sangat baik.

 

7. Tuna

Tuna adalah makanan rendah kalori dan protein tinggi lainnya.

Ini adalah jenis ikan yang sedikit lemak di dalamnya.

Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran, karena ini adalah cara yang bagus untuk menjaga protein tetap tinggi, dengan total kalori dan lemak rendah.

Jika mencoba untuk menekan asupan protein, maka pastikan untuk memilih tuna kaleng dalam air, tapi bukan minyak.

 

8. Kacang dan Kacang Tanah

Beberapa kacang dan kacang polong dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah dan beberapa lainnya.

Makanan ini cenderung tinggi protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi yang telah terbukti dapat menyebabkan kenyang.

 

9. Sup

Seperti disebutkan di atas, makan dan diet sehat dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori.

Sebagian besar makanan dengan kepadatan energi rendah adalah makanan yang banyak mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan.

Tapi anda juga bisa menambahkan air ke makanan yaitu dengan membuat sup.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang sama persis, kecuali dibuat dengan sup dan bukan makanan padat, akan membuat orang merasa lebih kenyang dan makan secara signifikan lebih sedikit kalori.

 

10. Keju Cottage (keju segar dengan rasa yang lembut)

Produk susu cenderung tinggi protein.

Salah satu yang terbaik adalah keju cottage. Kalori untuk kalori, sebagian besar hanya protein dengan sedikit karbohidrat dan lemak.

Mengkonsumsi banyak keju cottage adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein. Hal ini juga sangat memuaskan sehingga membuat anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

Produk susu juga mengandung kalsium tinggi, yang telah terbukti membantu proses pembakaran lemak.

 

11. Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang unik.
Sedangkan kebanyakan buah mengandung karbohidrat tinggi, namun alpukat penuh dengan lemak sehat.

Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, yaitu jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun .

Alpukat sangat cocok sebagai tambahan salad, karena penelitian menunjukkan bahwa lemak di dalamnya dapat meningkatkan serapan hara dari sayuran 2,6 sampai 15 kali lipat.

Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potasium.

 

12. Kacang-Kacangan

Meski tinggi lemak, namun kacang-kacangan tidak secara langsung akan menggemukkan.

Kacang-kacangan adalah makanan ringan yang sangat baik, mengandung protein, serat dan lemak sehat yang seimbang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoknsumsi kacang dapat memperbaiki kesehatan metabolik dan bahkan menyebabkan penurunan berat badan.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan lebih kurus daripada orang yang tidak.

Pastikan untuk tidak berlebihan, karena berisi kalori yang masih cukup tinggi.

 

13. Cabai / Chili Pepper

Mengkonsumsi cabai bisa bermanfaat untuk diet penurun berat badan.

Mereka mengandung zat yang disebut capsaicin, yang telah terbukti bisa membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat ini bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan merupakan bahan umum dalam suplemen penurunan berat badan komersial .

Satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 gram cabe merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin mengkonsumsi paprika.

Namun, tidak ada akan efek pada orang-orang yang sudah terbiasa dengan makan makanan pedas. Sehingga ini menunjukkan bahwa ada semacam toleransi yang bisa membangun akibat terbiasa dengan makanan pedas.

 

14. Buah

Sebagian besar ahli kesehatan sepakat bahwa buah itu sehat.

Sejumlah penelitian populasi menunjukkan bahwa orang yang makan buah paling banyak (dan sayuran) cenderung lebih sehat daripada orang yang tidak.

Meski mengandung gula, namun buah memiliki kerapatan energi rendah dan perlu waktu untuk mengunyahnya. Plus, serat membantu mencegah agar gula tidak dilepaskan terlalu cepat ke aliran darah.

Satu-satunya orang yang mungkin ingin menghindari atau meminimalkan buah adalah mereka yang diet karbohidrat rendah ketamin , atau memiliki semacam intoleransi terhadap fruktosa .

Bagi kita semua, buah bisa menjadi tambahan yang efektif (dan lezat) untuk diet  sehat untuk menurunkan berat badan.

 

15. Jeruk Bali

Satu buah yang patut disorot adalah jeruk bali, karena pengaruhnya terhadap pengendalian berat badan telah dipelajari secara langsung.

Dalam sebuah penelitian terhadap 91 orang obesitas, makan setengah jeruk segar sebelum makan menyebabkan penurunan berat badan sebesar 1,6 kg selama 12 minggu.

Makan setengah jeruk bali sekitar setengah jam sebelum makanan sehari-hari dapat membantu anda merasa lebih kenyang, dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

 

16. Minyak Kelapa

Jauhi minyak goreng sawit, beralih kembali ke minyak kelapa murni.

Minyak kelapa tinggi asam lemak dengan panjang sedang, yang disebut Medium Chain Triglycerides (MCT).

Asam lemak ini telah terbukti bisa meningkatkan kenyang dibandingkan dengan lemak lainnya, sekaligus meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Ada juga dua penelitian, satu di antara wanita dan wanita lainnya, menunjukkan bahwa minyak kelapa menyebabkan penurunan jumlah lemak perut.

Tentu saja minyak kelapa masih mengandung kalori, jadi menambahkannya di atas apa yang sudah anda makan adalah ide yang buruk.

 

17. Yoghurt

Makanan susu yang sangat baik lainnya adalah yoghurt.

Yoghurt mengandung bakteri probiotik yang bisa meningkatkan fungsi usus. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap pembengkakan dan resistensi leptin, yang merupakan pendorong hormonal utama obesitas.

Pastikan memilih yoghurt berlemak tinggi, karena penelitian menunjukkan bahwa susu berlemak penuh (full fat bukan low-fat), dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

Yoghurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, jadi sebaiknya hindari.

 

Artikel ini tidak mengandung iklan terselubung. Bila anda mendapatkan manfaat dari artikel Makanan Untuk Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan ini, silahkan di-share ke media sosial. Tapi jangan di-copy-paste-kan langsung ya.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *