Info Diabetes Melitus : Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabet

Info Diabetes Melitus : Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabet

Info diabetes berikut adalah tentang bagaimana aktifitas olahraga dapat memiliki manfaat besar bagi penderita diabetes melitus. Jika anda ingin lebih aktif, maka mulailah program kebugaran dengan aman seperti yang diuraikan di tips berikut.

 

Info Diabetes Melitus : Berapa banyak latihan yang dibutuhkan

Lakukan latihan intensitas sedang selama 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.
Anda punya banyak pilihan. Bisa dengan berenang, bergerak/olah-raga ringan di sekitar ruang makan, atau naik turun tangga. Pilih sesuatu yang membuat jantung berdegup kencang tapi tidak berlebihan sehingga membuat kelelahan.

Mulai dari yang ringan, seperti berjalan 15 menit dua kali sehari adalah awal yang bagus. Anda dapat membuat latihan lebih lama, dan lebih ketat dari waktu ke waktu.

Jika anda menderita diabetes tipe 2, maka harus melakukan dua sesi latihan kekuatan selama seminggu, dan memberdayakan semua bagian otot utama (lengan, kaki, bahu, punggung, perut).

info diabetis maafaat berolahraga

 

Lindungi Kaki Sobat

Kenakan kaus kaki katun dan sepatu atletik untuk menghindari resiko cedera kaki, terutama jika anda mengalami kerusakan saraf atau masalah sirkulasi. Sepatu olahraga harus pas dengan nyaman, serta memiliki banyak ruang di kaki.

Setiap hari, periksa kaki apakah ada lecet, luka, benjolan, kemerahan.

 

Perhatikan Gula Darah Anda

Olahraga dapat mempengaruhi tingkat anda dengan segera dan dalam waktu yang lebih lama.

Jika anda mengkonsumsi insulin atau obat-obatan yang menurunkan kadar gula darah, Periksa kadar gula 30 menit sebelum berolahraga, dan setiap 30 menit saat berolahraga untuk memastikan angka tetap stabil.

Pada hari-hari akan berolahraga, hentikan suntikan insulin di tangan dan kaki anda. Gunakan tempat suntikan yang lain. Dan hindari berolahraga saat insulin berada dalam waktu puncaknya. Bicaralah dengan dokter tentang waktu terbaik untuk berolahraga.

Bagi kebanyakan orang, kadar gula darah antara 100 mg / dL dan 250 mg / dL adalah rentang pra-latihan yang paling baik. Gunakan panduan ini untuk membantu anda dalam menanggapi hasil lainnya.

Jika gula darah anda adalah:

  • Lebih rendah dari 100 mg / dL: Miliki makanan ringan dengan karbohidrat, seperti buah atau kerupuk.
  • 250 mg / dL atau lebih tinggi: Uji keton, senyawa yang dibuat tubuh anda bila tidak memiliki cukup insulin. Menjadi aktif saat keton tinggi bisa membuat Sobat sakit.
  • 300 mg / dL: Tunggu sampai kadar gula darah anda turun.

Berhenti berolahraga jika:

  • Anda merasa goyah, cemas, lemah, atau bingung.
  • Berkeringat lebih dari biasanya.
  • Jantung berdegup cukup kencang.
  • Sakit kepala.
  • Ini bisa jadi bahwa gula anda turun atau rendah, dan bisa terjadi saat berolahraga, atau beberapa jam setelahnya.

 

Minum dan Ngemil
Minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga, meski anda tidak haus.

Latihan bisa menurunkan gula darah anda. Jadi jika anda memiliki diabetes tipe 1, makanlah makanan ringan 1 sampai 3 jam – tergantung pada jenis insulin yang anda gunakan – sebelum berolahraga.

Simpanlah barang-barang seperti tiga sampai lima tablet glukosa, sekotak kecil jus buah, atau 2 sendok makan kismis untuk segera meningkatkan gula darah anda jika diperlukan.

Apakah anda memakai pompa insulin? Tanyakan kepada dokter, bagaimana cara memakainya dengan benar. Jika anda menggunakan insulin short-or-acting yang disuntikan atau yang dihirup, bicarakan dengan dokter agar menurunkan dosis sebelum berolahraga.

Baca juga :

Fokus pada Kesenangan
Pikirkan di luar latihan anda. Bagaimana anda bisa lebih aktif sepanjang hari? Cuci mobil dengan tangan, atau angkat beban di antara pertunjukan saat Sobat menonton TV.

Beri tahu teman dan mintalah dia untuk bergabung dengan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *