Cara Mencegah Dan Menghilangkan Komedo Yang Paling Efektif

Cara Mencegah Dan Menghilangkan Komedo Yang Paling Efektif

Komedo memang sangat membuat risih bila sudah muncul di hidung, atau di dahi. Komedo putih dan hitam bisa muncul diakibatkan kelalaian dalam melakukan perawatan kulit harian.

Apakah anda tahu tips dan cara mencegah timbulnya komedo yang paling efektif?

Cara mencegah, yang sekaligus bisa menghilangkan komedo paling efektif, adalah dengan melakukan perawatan harian rutin. Dibantu dengan facial wajah setiap 2-4 minggu.

Anda jangan terlalu berharap banyak bila hanya menggunakan pore-pack.

 

Menurut hasil pengamatan anda, apakah bisa menghilangkan komedo dengan cara alami? Silahkan share pengalaman anda di kolom komentar.

Cara mencegah komedo dan menghilangkannya

Tapi tips berikut adalah cara yang dianjurkan oleh dokter dan ahli kecantikan Rich Amor. Artikel ini mengambil sumber inspirasi dari pengalaman sendiri.

Hasilnya sangat luar biasa. Semoga pembaca bisa mengambil manfaat agar wajahnya bisa terbebas selamanya dari komedo.

Berikut pengalaman yang didapatkan beberapa tahun lalu.

Istri penulis kebetulan baru pulang sehabis melakukan facial ke salon terdekat. Rutinitas ini dilakukan setiap sekitar 4 bulan sekali. Bukan hal yang patut dicontoh oleh anda. Karena sebaiknya facial dilakukan lebih sering.

Manfaatnya adalah agar kulit terjaga kecantikannya, tanpa komedo ataupun jerawat, serta terhindar dari kulit kusam. Dan facial tersebut harus dilakukan secara rutin setiap dua minggu. Lha, ini malah 4 bulan sekali :))

Tapi ada rahasianya kenapa facial di salon hanya dilakukan sejarang itu. Yaitu karena istri penulis cukup rajin melakukan perawatan harian di rumah.

Ini isi percakapan istri dengan kapster :
Kapster : “Mau perawatan apa bu ?
Istri : “Facial saja mbak.
Kapster : “Umh,.. apanya yang mau di-facial, bu. Kulitnya sudah bagus terawat. Sama sekali tidak ada komedo, dan kulit pun sangat cerah.

Anda tentu ingin tahu apa rahasia memiliki kulit seperti itu, serta bagaimana cara perawatan kulit yang tepat dan efektif.

 

Oleh karena itu sekarang akan kami jelaskan lebih lanjut bagaimana cara mencegah agar komedo yang benar, dan bagaimana cara menghilangkannya apabila kulit muka telah dipenuhi oleh komedo.

 

Cara Mencegah Komedo Putih dan Hitam

Utamanya anda harus mempunyai komitmen kuat dalam melakukan perawatan kulit setiap hari. Dan produk yang dipakai di artikel ini adalah dari Rich Amor Skincare.

Produk perawatan dari skincare lain mungkin mempunyai ragam produk berbeda dari yang dijabarkan nanti. Tapi urutan langkahnya secara garis besar akan sama.

Jenis perawatan untuk mencegah potensi berkomedo sangat sederhana dan tidak ada yang rumit, yaitu:

 

Di Pagi Hari:
1. Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan ringan. Yaitu membersihkan wajah dengan susu pembersih (Banyak yang alergi dengan istilah pengelupasan. Padahal pengelupasan adalah hal biasa. Misalnya mencuci muka dengan sabun, juga merupakan usaha pengelupasan ringan).

Produk peeling scrub adalah alternatif lain bila anda tidak menyukai susu pembersih. Karena kadang ada jenis kulit tertentu yang sangat sensitif terhadap susu pembersih, sehingga saat dipakai malah mengakibatkan gatal-gatal. Untuk mengatasi jenis kulit sensitif tersebut maka peeling scrub adalah jawabannya. Selain itu peeling scrub memang sangat baik untuk jenis kulit yang sedang memiliki komedo, jerawat dan sangat berminyak.

Artikel berkaitan : cara menghilangkan jerawat.

Ukuran scrub-nya sangat kecil dan lembut, sehingga saat dipakai tidak akan terasa ada butiran-butiran yang mengganggu.

2. Mencuci muka dengan sabun adalah langkah eksfoliasi ringan selanjutnya. Cara terbaik mencuci muka adalah dengan telapak tangan, bukan dengan sepon walalupun sangat halus. Dengan memakai sabun Rich Amor maka muka akan lebih lembab, sehingga baik untuk mencegah efek-efek penuaan dini seperti kerutan, dan garis halus.. Yang paling utama manfaatnya dalam hal ini adalah untuk menghapus lapisan sel kulit mati di permukaan, terutama lapisan di atas komedo.

3. Memakai krim pagi. Krim pagi ini mengandung komponen pelembab, sehingga sangat penting untuk dipakai oleh semua jenis kulit termasuk kulit berminyak. Terlebih lagi bila jenis kulit anda kering, karena harus lebih sering lagi memakainya walau anda selalu melakukan kegiatan di ruangan kantor ber-AC.

Jadi sebelum pergi ke sekolah atau kantor, maka mengoleskan krim pagi adalah sebuah keharusan. Tidak seperti krim pagi lainnya, karena ini adalah krim khusus perawatan dari Rich Amor. Tidak mengandung pewangi sintetik, atau bahan yang dapat mengiritasi kulit. Sangat mudah menyerap dan menyatu dengan kulit, dan tidak akan mengubah warna kulit seketika menjadi putih. Sehingga anda, walaupun cowok, akan merasa nyaman saat menggunakan krim ini.

Dan krim pagi ini sangat baik untuk selalu dibawa kemana-pun. Dan bila selesai mencuci muka atau berwudhu, maka sebaiknya memakai lagi krim pagi ini, agar sepanjang hari kulit senantiasa lembab.

 

Di Malam Hari:
Urutan lengkap rutinitas perawatan kulit untuk mencegah dab menghilangkan komedo adalah sebagai berikut :

Pada dasarnya hampir sama dengan kegiatan di pagi hari, namun ada 2 komponen pengganti dan tambahan yaitu krim malam serta toner.
1. Pertama adalah menggunakan susu pembersih. Supaya efektif, ratakan susu pembersih ke seluruh muka kemudian lakukan pemijatan selama 1 sampai 3 menit. Lakukan pemijatan dengan arah melingkar agar merangsang otot-otot kulit tetap kencang. Setelah itu anda gunakan bola kapas untuk mengelapnya dengan lembut.

Apabila anda sedang melakukan eksfoliasi sebelumnya, maka biasanya kotoran dan kulit-kulit mati akan menempel di kapas seperti gulungan. Pada saat ini, kulit mungkin akan terasa perih.  Tidak perlu khawatir, malah anda perlu bersyukur. Karena demikian kulit sedang berproses untuk mengganti kulit yang sudah rusak. Dan memberi peluang kulit yang lebih segar dan halus untuk tumbuh keluar.

2. Mencuci muka dengan sabun.

3. Memakai toner. Sangat penting untuk membersihkan sisa riasan atau make up. Bahkan bila anda tidak memakai macam-macam kosmetik, namun memakai toner sangat penting karena bisa menghapus kelebihan minyak. Apalagi bila ketika siang hari memakai yang cukup berat. Tapi toner dari Rich Amor memang berbeda, karena tidak mengandung alkohol, sehingga tidak akan menggerus keseimbangan minyak alami kulit.

4. Menggunakan krim malam.
Krim malam Rich Amor memang istimewa. Karena dengan memakainya maka kulit akan cepat cerah sehingga tidak terlihat kusam. Komponen alpha-hydoxy-acid dan beta-hydroxy-acid akan efektif melepaskan ikatan inter-bond antara sel kulit mati satu dengan sel kulit mati lainnya.

Sehingga dengan demikian kulit akan mudah melakukan peremajaan dirinya, serta bahan lainnya akan merangsang pertumbuhan kulit baru yang tentunya lebih sehat dan halus.

Tidak heran apabila banyak konsumen yang menyukai krim malam Rich Amor.

Jadi urutan perawatan hariannya hanya seperti itu saja, tidak ada yang istimewa dan tidak merepotkan. Walaupun Rich Amor adalah produk premium, namun harganya tetap terjangkau. Dan untuk manfaat dan hasil sebaik itu, maka sangat pantas masuk ke level produk yang jauh di atasnya, namun dengan harga lebih terjangkau.

 

Perawatan 2 minggu sekali.

Kulit mati orang dewasa rata-rata akan berganti setiap 30 hari sekali. Namun kulit mati bisa jadi sulit dibuang, sehingga membutuhkan perlakuan khusus.

Oleh karena itu, maka anda harus melakukan eksfoliasi berat setiap 2 minggu sekali, dalam 3 hari berturut-turut.

Eksfoliasi sangat bermanfaat untuk membuang penyumbat pori-pori yang menjadi penyebab komedo. Bahan eksfoliator tertentu juga berfungsi untuk melembutkan komedo agar mudah dicabut.

Bahan pengupasan kulit yang umum digunakan adalah Retinoid Acid. Selain untuk komedo, retinoid acid juga bisa mempercepat keringnya bakteri, dan penyerapan obat saat proses menghilangkan jerawat. Bahan pengupas ini bisa anda dapatkan di klinik-klinik skincare.

Tapi ada juga beberapa obat jerawat di apotik yang sudah mengandung Retinoid Acid tersebut.

Hasil dari rutinitas perawatan harian di atas adalah anda bisa mencegah komedo sedini mungkin. Dan tidak hanya komedo, karena rutinitas tersebut merupakan cara menghilangkan flek hitam yang sangat efektif. Tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang mahal. Tapi hasilnya sangat istimewa karena kulit akan senantiasa sehat.

Siapa yang mau punya kulit sehat dan kinclong sepanjang waktu?

Pasti semua orang mau.

Oleh karena itu, cara perawatan harian tersebut di atas jangan sampai luput. Apalagi jika kulit anda setiap harinya berada di dalam kondisi ekstrim, terpapar matahari, banyak polusi dan berdebu.

Penulis lupa menambahkan sunblok. Gunakanlah sunblok jika anda hendak beraktivitas di udara terbuka pada siang hari.

 

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih [100% Terbukti Ampuh]

Bagaimana cara menghilangkan komedo hitam dan putih, apabila kita terlambat untuk mencegahnya?

Umumnya orang-orang hanya tahu bahwa untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan ekstraksi pada saat facial. Tapi seperti yang disampaikan sebelumnya, proses ekstraksi komedo bukan satu-satunya jalan. Karena apabila perawatan harian dan 2 mingguan kita lakukan, maka komedo akan ikut hilang dengan cepat.

Tapi, baik lah. Bila memang ekstraksi komedo di salon atau di klinik menjadi pilihan, maka kita bahas saja langkah-langkahnya.

Yang wajib diketahui adalah, saat isinya belum siap untuk dikeluarkan, maka anda jangan serampangan mengeluarkan komedo. Karena percuma saja. Akibatnya adalah kulit bisa menjadi kemerahan, tanpa berhasil isinya dikeluarkan. Walaupun bisa, namun akan meninggalkan luka yang terbuka. Apalagi bila dipencet dengan tangan yang tidak higienis. Langkah tersebut sangat berisiko mengundang bakteri untuk masuk ke dalamnya, yang bisa memperbesar kemungkinan anda berjerawat. Proses ekstraksi di salon atau di klinik kecantikan biasanya dilakukan setelah melalui langkah facial, dan pemberian bahan kimia tertentu untuk melembutkan isi komedo.

 

Cara Ekstraksi Komedo Di Salon Yang Benar

Kalau anda perhatikan, beberapa langkah awal dalam proses ekstraksi komedo di salon ini hampir sama dengan kegiatan merawat kulit di pagi dan malam seperti yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya. Jadi sebetulnya anda bisa melakukan ekstraksi komedo ini di rumah, dengan memakai bahan-bahan yang sama seperti di salon. Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Membasuh muka dengan air.
  2. Proses menghilangkan komedo selanjutnya adalah membersihkan muka dan memijatnya selama beberapa menit dengan memakai cleansing milk bersama scrub. Pemakaian scrub ini akan membuka benda-benda yang menutupi pori-pori, menghapus sisa make up, serta menyingkirkan kulit mati. Komedo ringan yang sudah matangpun biasanya dapat hilang pada proses ini.
  3. Bersihkan milk cleanser serta scrub dengan menggunakan waslap hangat hingga bersih.
  4. Berikutnya adalah mencuci muka dengan sabun untuk menghapus sisa milk cleanser dan scrub yang masih tinggal.
  5. Mengeringkan muka dengan lap lembut. Namun jangan menyekanya secara kasar.
  6. Proses berikutnya adalah pemberian uap panas pada muka. Tujuannya adalah supaya isi komedo yang tadinya keras menjadi lebih lembut. Untuk proses pemberian uap panas ini dilakukan tidak lebih dari lima belas menit.
  7. Setelah diseka dengan lap lembut, proses selanjutnya adalah dengan mengoleskan krim atau cairan asam retinoid. Namun sangat jarang sekali salon yang mempunyai bahan ini. Untuk itu salon biasanya mempunyai bahan lain sebagai pengganti.
  8. Setelah langkah persiapan di atas, maka sekarang proses yang utama sudah siap dilakukan, yaitu ekstraksi komedo.
    Inilah saat-saat yang menegangkan, karena mungkin akan cukup menyakitkan.
    Apabila langkah persiapa sudah benar dilakukan, maka isi komedo biasanya akan lebih lentur. Sehingga saat diekstraksi maka lemak-lemak pengisi komedo akan mudah dikeluarkan.
    Namun ada kemungkinan isi komedo tidak bisa keluar. Dan untuk kasus ini, maka anda dan kapster salon harus bersabar. Jangan dipaksakan, karena akan percuma. Malah akan beresiko membuat kulit menjadi merah dan menimbulkan peradangan. Dan jika masih keras, maka diperlukan perawatan tambahan supaya isi komedo menjadi lebih lentur.
  9. Terakhir adalah menggunakan toner supaya pori-pori yang masih terbuka akibat proses steaming akan lebih cepat menutup kembali.
  10. Jangan keluar ke tempat terbuka terlebih dahulu. Istirahat lah sebentar untuk memastikan pori-pori kembali merapat.

Kita saksikan ilustrasi video menghilangkan komedo di bawah ini oleh seorang ahli dermatologi supaya lebih jelas :

 

Apabila anda telah selesai melakukan perawatan menghilangkan komedo seperti di atas, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  • Jagalah kebersihan dari alat ekstraktor serta alat-alat facial lainnya. Bersihkan tangan dan ekstraktor dengan hand sanitizer.
  • Setelah proses ekstraksi di salon, maka sebaiknya anda tidak mengunjungi tempat sauna. Bahkan anda harus berdiam diri sejenak di salon bila di luar masih sangat terik dan penuh dengan asap kendaraan. Karena posisi kulit anda sekarang masih rentan terhadap benda asing, sehingga gangguan kecil saja pada kulit muka akan mengakibatkan efek yang tidak diinginkan, misalnya malah tumbuh jerawat. Biarkan pori-pori kulit kembali kepada posisi normal, dan semakin merapat, walaupun sebelumnya anda sudah dipakaikan toner.
  • Pulang dari salon, janganlah langsung memakai make up. Itu adalah kesalahan besar, walaupun sekedar memakai bedak. Karena kulit anda sudah jauh lebih cerah dari biasanya. Dan ingat, bahwa pori-pori kulit masih mungkin terbuka dengan lebar sehingga perlu waktu untuk kembali normal.
  • Jangan memakai ponsel dengan menelpon berlama-lama setelah facial. Karena potensi berpindahnya bakteri, minyak dan kotoran akan lebih besar saat pori-pori belum kembali normal. Bila memungkinkan, bersihkan terlebih dahulu ponsel anda dengan sanitizer.

 

Penutup.

Semoga dengan langkah diatas bisa menghilangkan komedo serta mencegahnya datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *