Cara menghilangkan jerawat dengan obat yang ampuh

Apa rahasia menghilangkan jerawat yang cepat dan efektif ? Bisakah dilakukan hanya dengan obat jerawat saja ?

Jawabannya adalah tidak.

Dapat Sobat rasakan bahwa mengatasi jerawat akan lebih ringan. dan cepat apabila Sobat melakukan beberapa perubahan pada rutinitas harian, atau pola hidup sehat.

Dan bukan hanya itu.

Rahasianya obat jerawat akan bekerja efektif adalah apabila dilengkapi dengan eksfoliator, yang akan menghilangkan kulit mati penyumbat pori-pori dengan cepat.

Berikut ini akan dipaparkan 10 hal yang perlu untuk dilakukan dalam mengatasi jerawat, dan 5 hal yang jangan dilakukan.

Juga ada 5 makanan yang perlu anda hindari untuk mencegah timbulnya jerawat
cara menghilangkan jerawat membandel

Cara Menghilangkan Jerawat : Perubahan Pola Hidup

No. 1: Istirahat yang cukup

Menurut sebuah penelitian terhadap Kualitas Tidur, bahwa tekanan psikologis akan meningkat 14% untuk setiap jam kehilangan waktu tidur di malam hari. Jadi misalkan anda biasa tidur 5 jam pada malam hari, tapi kemudian karena suatu hal berkurang menjadi 4 jam maka tingkat stres meningkat sebesar 14%. Apa kaitannya dengan jerawat?

Menurut Sonia Badreshia-Bansal, dermatologis di Danville, CA, “Stres akan meningkatkan produksi glukokortikoid yang dapat menyebabkan kelainan pada struktur kulit dan fungsi”. Stres memang bukan menjadi penyebab jerawat, namun dapat membuat kondisi seperti jerawat lebih buruk.

No 2: Tingkatkan kualitas makanan anda

Beberapa jenis makanan menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat, memicu dorongan insulin. Terlalu banyak insulin dalam aliran darah dapat memicu perubahan dalam tubuh yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang menyumbat pori-pori. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak.

No 3: Berolahraga atau bersantai

Berolahraga dan berekreasi dapat mengurangi tingkat stres, yang dapat berkontribusi untuk meredakan jerawat jerawat. Aktivitas fisik juga akan meningkatkan sirkulasi darah anda, sehingga mengirimkan lebih banyak oksigen ke sel-sel kulit dan melepaskan sel-sel kulit mati saat berkeringat. Namun perlu diingat bahwa berkeringat saat olahraga juga dapat menyebabkan jerawat apabila terjadi iritasi. Sehingga penting untuk membersihkan badan dan muka setelah anda berolahraga.

No. 4: Asupan Air

Meningkatkan jumlah air yang anda minum adalah cara yang bagus untuk membuang racun di dalam tubuh dan melembabkan kulit dari dalam ke luar. Meskipun tidak ada penelitian yang pasti yang menunjukkan bahwa ada racun yang menyebabkan jerawat, namun para peneliti di University of Missouri-Columbia menemukan bahwa memiliki sekitar 2 gelas air akan secara signifikan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit.

No 5: Memakai tabir surya

Anda mungkin ragu-ragu untuk memakai tabir surya pada wajah, terlebih bila anda laki-laki. Namun perlu diingat bahwa peradangan dari sengatan matahari dapat membuat jerawat anda lebih parah, atau menyebabkan noda akibat jerawat menjadi hitam.

Dan tentu saja nilai tambah dari tabir surya adalah untuk mencegah risiko kanker kulit. Gunakan tabir surya setiap kali anda berada di bawah sinar matahari.

Perhatikan kandungan bahan yang terdapat di tabir surya yang anda pakai. Khusus untuk anda yang sedang berjerawat harus dicari bahan-bahan kimia yang lebih ringan seperti avobenzone, oxybenzone, metoksisinamat, octocylene, dan zinc oxide.

Untuk lebih mudahnya, carilah tabir surya dengan label “noncomedogenic” sehingga dapat mengurangi resiko yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

No. 6: Carilah makanan yang mengandung Asam Lemak Omega-3

Tips menghilangkan jerawat berikutnya adalah memilih makanan yang mengandung asam Omega-3. Omega-3 telah terbukti untuk mengontrol produksi leukotrien B4 (molekul yang dapat meningkatkan sebum dan menyebabkan peradangan jerawat). Omega-3 dapat ditemukan dalam suplemen atau dalam makanan seperti kenari, alpukat, minyak biji rami, dan salmon.

No. 7: Bersihkan dua kali hari, pagi dan malam

Muka memiliki kelenjar yang memproduksi minyak lebih banyak daripada bagian lain dari tubuh. Ketika minyak tersebut bercampur dengan makeup, keringat, asap, debu, dan kotoran, maka akan meningkatkan resiko penyumbatan pori-pori.

Apabila Sobat tidak melakukan usaha yang cukup untuk menyingkirkannya, maka kotoran tersebut akan meresap kedalam dan mengisi pori-pori, sehingga menyebabkan komedo dan jerawat.

Oleh karena itu pada malam hari, terutama bagi anda yang mempunyai tipe kulit berminyak, sangatlah perlu untuk membersihkan muka menjelang tidur. Dan gunakan toner wajah.

No. 8: Lakukan eksfoliasi

Caranya adalah dengan melakukan pengelupasan kulit secara ringan beberapa kali seminggu dengan scrub yang dirancang khusus untuk wajah, dan diimbangi dengan pelembab noncomedogenic. Melakukan eksfoliasi dengan teratur adalah cara menghilangkan jerawat yang sangat dianjurkan oleh ahli dermatologis. Karena yang menyebabkan jerawat dan menambah parah kondisi adalah bila kulit mati dibiarkan, dan terus menumpuk menutupi jalan keluar minyak yang dipompa oleh kelenjar sebacea.

Nomor 9: Bersihkan benda-benda yang menempel ke kulit

Misalnya handphone, sarung bantal, jilbab dan lain-lain yang secara intens bersentuhan dengan kulit agar secara rutin dibersihkan. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ponsel adalah lahan subur bagi kuman. Sepanjang hari ponsel bisa terkena ribuan bakteri, yang menyebar dari jari-jari anda (saat anda melakukan SMS misalnya) ke wajah saat anda berbicara melalui handphone. Apalagi saat anda bicara, HP ditekan secara intens ke kulit muka. Selain itu, panas yang dihasilkan oleh handphone dapat membantu bakteri untuk berkembang biak.

No 10: Perhatikan apa yang dipakai ke rambut

Jagalah apa yang anda pakai untuk rambut anda. Terutama bagi laki-laki yang gemar memakai pomade atau minyak rambut. Demikian juga produk perawatan rambut termasuk shampo, conditioner,gel, dan hair spray. Jerawat terjadi ketika minyak dari produk penata rambut meresap ke dalam kulit di sekitar garis rambut. Bila memungkinkan, pilihlah produk rambut yang bebas minyak.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Membandel : Makanan Sehat

Makanan Yang Harus Dihindari

Dari hasil penelitian ada lima jenis makanan yang paling memungkinkan sebagai penyebab dalam meningkatkan berjerawat. Hindari ini selama sekitar satu minggu, dan lihat apakah anda melihat perbedaan.

Susu sapi:

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara susu sapi dan jerawat. Para ilmuwan tidak begitu yakin mengapa hal ini bisa terjadi. Teorinya adalah susu sapi akan meningkatkan gula darah yang dapat meningkatkan peradangan (yang mengarah ke jerawat). Hal ini juga akan meningkatkan kadar insulin, yang mendorong produksi minyak kulit (sebum).

Banyak susu komersial yang kita beli berasal dari sapi hamil, dan dengan demikian mengandung hormon lain yang dapat memicu produksi sebum. Susu juga memiliki hormon pertumbuhan yang dapat mendorong pertumbuhan berlebih dari sel-sel kulit, sehingga berpotensi menghalangi pori-pori.

Pada tahun 2005, peneliti mempelajari data dari Nurses Health Study, dan menemukan bahwa peserta remaja yang minum lebih banyak susu akan memiliki resiko lebih tinggi akan memiliki jerawat parah daripada mereka yang meminum susu lebih sedikit atau tidak ada sama sekali.

Gula:

Anda mungkin sudah menduga bahwa gula berhubungan dengan jerawat. Beberapa penelitian sekarang menunjukkan bahwa mungkin ada kaitannya dengan munculnya jerawat. Ini tidak berarti bahwa jika anda makan biskuit maka anda akan seketika berjerawat. Jerawat datang akan tergantung ke seberapa banyak gula yang anda makan dalam sehari.

Jika anda mengkonsumsi soda dan permen, yang meningkatkan kadar gula darah maka dalam beberapa jam kemudian timbul jerawat. Jika anda menduga gula bisa menjadi penyebab dari jerawat yang sedang anda miliki, maka cobalah untuk mengurangi makanan dan minuman bergula untuk melihat perbedaannya.

Makanan yang mengandung kadar glisemik tinggi:

Ada jenis makanan yang memicu lonjakan insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Makanan tersebut akan memicu fluktuasi hormon dan peradangan yang mendorong terjadinya jerawat. Misalnya makanan seperti roti putih, sereal, nasi putih, pretzel, keripik kentang, biskuit dan kue. Pilihlah makanan yang mengandung indeks glikemik rendah, seperti sayuran, biji-bijian, ubi jalar, dan sebagian besar buah.

Makanan cepat saji:

Makanan cepat saji atau junk food termasuk kedalam daftar makanan yang harus anda hindari. Karena junkfood biasanya mempunyai kandungan minyak yang menciptakan peradangan atau inflamasi di dalam tubuh. Peradangan akan menyebabkan jerawat.

Coklat:

Saya suka coklat. 🙂

Satu studi kecil dari Belanda yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan hubungan antara cokelat dan jerawat. Untuk penelitian ini, para ilmuwan mengumpulkan darah dari tujuh orang sehat, sebelum dan sesudah mereka makan 1,7 ons cokelat setiap hari, selama empat hari. Setelah makan cokelat, sel-sel darah partisipan ternyata menghasilkan lebih banyak interleukin-1b, yang merupakan tanda telah terjadi peradangan apabila terkena bakteri propionibacterium acnes.

Makan coklat juga meningkatkan produksi faktor sistem kekebalan lain yang disebut interleukin 10 setelah terpapar Staphylococcus aureus. Dari beberapa hipotesa kemudian diambil kesimpulan bahwa bahwa cokelat bisa meningkatkan peradangan dan mendorong infeksi bakteri, sehingga membuat jerawat lebih buruk.

Namun ini baru sebuah penelitian, sehingga dibutuhkan penelitian yang lebih cermat. Padahal dark chocolate memiliki antioksidan yang bisa mempromosikan kesehatan.

Jadi tergantung pada berapa banyak coklat yang anda makan per hari. Sementara itu, untuk melihat apakah anda mungkin sensitif terhadap coklat, silahkan mencoba berhenti memakannya selama seminggu, untuk melihat apakah terlihat perubahan di kulit anda.

 

Bagaimana dengan makanan pedas?

Apakah benar makanan pedas bisa mengakibatkan jerawat?

Ternyata tidak.

Tidak ada kaitan antara makanan pedas dengan jerawat. Namun bagi penderita rosacea maka anda sebaiknya menjauhi makanan pedas. Apakah itu rosacea ? Menurut WebMD, rosacea disebut juga sebagai jerawat orang dewasa. Tapi rosacea berbeda dengan jerawat. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di sini.

 

Makanan Yang Perlu Dikonsumsi

Penelitiannya memang masih dalam tahap awal. Berikut adalah lima jenis makanan yang mampu mencegah dan membantu menghilangkan jerawat:

Ikan :

Makanan yang terlalu banyak asam lemak omega-6 terkait dengan peradangan. Konsumsilah makanan yang mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan dalam lemak ikan, kenari, biji rami, dan sejenisnya. Makanan tersebut dapat menjinakan peradangan dan meredakan jerawat. Kekurangan omega-3 bisa menjadi penyebab kemerahan dan mudah berjerawat, dan bahkan membuat kulit anda kurang sensitif terhadap sinar UV dari matahari. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, yang merupakan salah satu antioksidan terpenting bagi kulit. Asupan vitamin E yang cukup akan sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan pembengkakan.

Teh hijau:

Teh hijau sangat kaya antioksidan yang dapat melindungi dari faktor-faktor penyebab dari lingkungan. Minumlah teh hijau sepanjang hari.

Jus:

Makan lebih banyak buah dan sayuran secara alami dapat membantu membersihkan jerawat. Buah yang mengandung beta-karoten, akan membantu mengurangi minyak kulit, dan sebagai anti-inflamasi alami.

Probiotik:

Probiotik dapat mengurangi peradangan di dalam usus, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat. Menurut sebuah studi 2011, mikroflora usus dapat mempengaruhi peradangan di seluruh tubuh, yang pada gilirannya dapat meredakan jerawat.

Baik prebiotik dan probiotik akan dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Para ilmuwan percaya bahwa bahan tersebut akan membantu mengurangi jerawat. Jadi, konsumsilah yoghurt, kefir, dark chocolate, mikroalga, acar, dan tempe.

Demikian juga bila anda sedang mencari cara menghilangkan bekas jerawat, maka pola hidup keseharian anda juga harus ikut berubah supaya obat jerawat yang anda pakai semakin cepat dan efektif bekerja. Ingin agar jerawat membandel anda sembuh? Insya Allah kami bisa membantu.

Rangkuman cara menghilangkan jerawat dapat dilihat di video berikut :

Silahkan menghubungi nomor whatsapp 081311300412 atau 08122492724 untuk berkonsultasi bagaimana menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif, namun tetap aman. Cara dan produk yang diberikan telah teruji secara klinis, tidak ada efek samping ataupun ketergantungan.

Jumlah visitors241total visits.