Cara menghilangkan flek hitam di wajah [100% Ampuh]

Bila Sobat mengunjungi klinik skincare, maka cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa dilakukan  diantaranya adalah melalui tindakan, misalnya dengan teknik laser, chemical peeling, dermaroller, mikrodermabrasi, dermabrasi dll.

Mana yang lebih efektif? Apa keuntungan dan kelebihannya? Mana yang lebih cepat, murah dan mahal?

Bagaimana bila dibandingkan dengan obat penghilang flek hitam ?

Baca terus sampai selesai ya.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam pada umumnya disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet, faktor usia dan sebab-sebab hormonal. Tapi di samping itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu flek, yaitu :

  • Alat kontrasepsi seperti pil KB.
  • Produksi minyak.
  • Kulit yang sukar beregenerasi.
  • Akibat faktor genetika.
  • Iritasi kulit.
  • Stress.

Untuk menghilangkan flek hitam biasanya Sobat membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama, walau dengan metoda dan obat flek hitam yang paling mutakhir. Sehingga lebih menghabiskan banyak biaya dibanding misalkan dengan perawatan untuk mengatasi jerawat.

Apalagi bila Sobat lebih memilih cara alami menghilangkan flek hitam untuk kondisi flek yang cukup parah sehingga menembus ke lapisan dermis. Dan banyak juga yang sudah mengalami perawatan melalui tindakan namun menemui kegagalan. Malah menyisakan problem baru yang cukup serius (misalnya kulit menjadi tipis, luka bakar dari laser, dan lebih sensitif terhadap matahari).

Oleh karena itu, sebelum Sobat memilih tindakan medis untuk menghilangkan flek hitam yang membandel, dan dengan proses yang cepat, maka alangkah baiknya menimbang dengan seksama kerugian dan kelebihannya.

Baca juga :

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara klinis

Gangguan pigmentasi, dyschromias, jaringan parut dari jerawat, dan kondisi lainnya, bersama dengan sejumlah dermatosis lainnya adalah tantangan pengobatan yang dihadapi semua ahli kulit setiap hari.
Hiperpigmentasi dapat dilokalisasi, seperti pada kasus hiperpigmentasi post-inflammatory atau melasma, atau lebih menyebar dalam tampilan bentuknya (lihat Tabel 1). Dan sangat penting untuk diketahui faktor penyebabnya, supaya bisa ditentukan cara yang tepat untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

 

TERAPI PERTAMATERAPI KEDUA
Topikal dengan terapi kombinasi triple (termasuk hydroquinone, retinoid topikal, steroid topikal)Kulit kimia dikombinasikan dengan topikal :
1. Kulit asam salisilat dapat membantu dengan jerawat yang kontinyu.
2. Studi menunjukkan beberapa data yang mendukung kulit asam glikolat
Topikal, seperti seng sulfat, arbutin, asam azelaat, asam kojic; Beberapa cosmeceuticals dapat ditambahkan sebagai topikal kedua, namun bisa dicoba sebagai monoterapiTerapi laser
1. Perhatikan jenis kulit, fluence, dan tipe laser
2. Studi terbaru menunjukkan manfaat dengan Q-switched Nd: YAG
Jika pasien mengalami iritasi / alergi terhadap kombinasi tiga kombinasi, kombinasi ganda dapat digunakan (baik karena dermatitis retinoid atau sensitivitas hydroquinone)

Tabel 1. Pedoman perawatan umum untuk mengatasi flek hitam

Jika Sobat memiliki dermatitis seboroik dan melasma, misalnya, sangat penting untuk membersihkan dermatitis seboroik[1] terlebih dahulu sebelum menjalani terapi flek hitam. Hal ini sangat penting karena sejumlah dermatosis, terutama kondisi wajah, dapat menyebabkan hiperpigmentasi postinflammatory (PIH). Sehingga dengan tidak mengatasi masalah yang bersamaan, maka terapi flek hitam bisa mengalami kegagalan.

Tak perlu dijelaskan lagi akan pentingnya perlindungan matahari yang berkaitan dengan penanganan flek hitam. Pasien harus menggunakan tabir surya, sebaiknya mengandung blocker seperti titanium dioksida atau seng oksida, pada semua kulit yang terpapar sinar matahari setiap hari.

Selain itu, Sobat harus melakukan upaya penghindaran dari ultraviolet (UV) melalui penggunaan penghalang fisik, seperti topi dan pakaian untuk mengurangi paparan.

 

Tindakan medis sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah

Cara cepat menghilangkan flek hitam dengan obat flek

Kita akan mulai dengan cara yang paling murah, yaitu obat flek hitam dari asam topikal (dalam sajian krim atau cairan). Walaupun paling terjangkau biayanya, namun bila komposisi dan kombinasinya tepat maka hasilnya akan cepat dan memuaskan juga.

Jenis asam yang sering digunakan untuk mengatasi flek hitam adalah :

Beta hydroxy acid atau β-hydroxy acid (BHA) dalam konsentrasi kuat akan cukup efektif dalam mengatasi flek hitam.
Retinol juga dikenal sebagai tretinoin, atau Retin-A. Disamping sangat efektif untuk membantu pengobatan jerawat, jenis ini sering digunakan sebagai pencerah wajah. Anda bisa menemukan jenis asam ini dalam sediaan krim, cairan dan gel.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dalam sajian krim atau serum. Krim dan serum AHA dapat dihasilkan dari asam mandelic, asam glikolat, asam sitrat, asam laktat dan lain-lain. Proses yang terjadi adalah merangsang pengelepusan kulit baik secara wajar, ataupun ekstrim (tergantung kepada teknik yang disarankan oleh ahli medis yang menangani).

Untuk Sobat yang memiliki kulit sensitif, akan sangat beresiko kulit menjadi bengkak, dan merah-merah seperrti terbakar, apabila menggunakan teknik ekstrim.

Produk skincare Rich Amor juga menggunakan metoda asam yang terbukti cepat dan ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tentunya jauh lebih murah dibandingkan metoda tindakan lainnya seperti laser resurfacing misalnya.

Supaya efektif maka tidak hanya krim, tapi juga disertakan sabun perawatan khusus, susu pembersih, dan lainnya. Harganya cukup terjangkau karena masih di bawah 1 jutaan, tapi hasilnya sangat memuaskan.

Untuk informasi produk Rich Amor, silahkan mengontak whatsapp di 081311300412 atau 08122492724.

 

Dermaroller

Dermaroller merupakan metode peremajaan, dan perawatan jaringan parut untuk menyempurnakan kulit yang bopeng bekas jerawat atau cacar, bekas luka, bekas operasi, bekas melahirkan, bintik-bintik hitam, selulit, dan stretch mark.

Dermaroller untuk mengatasi flek hitam

Dermaroller mempunyai jarum halus di bagian roller, untuk mengikis kulit mati dan membuat pori-pori lebih terbuka sehingga memudahkan penyerapan obat. Sebelum dilakukan, biasanya Sobat diberikan anasthesi lokal untuk mengurangi rasa sakit.

Tahapan melakukan dermaroller dalam menghilangkan flek hitam di wajah adalah sebagai berikut:

  1. Proses cleansing / pembersihan.
  2. Pemberian anaesthesi sampai kulit terasa menebal.
  3. Roller kulit dengan berbagai arah sekitar 10-12 menit.
  4. Sterilisasi dengan NaCl atau air steril.
  5. Pemberian serum, vitamin atau kolagen, untuk menebalkan dinding kulit.
  6. Teknik ini dilakukan beberapa kali.

 

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi menggunakan kristal yang sangat halus untuk menggerus flek hitam dari kulit Sobat. Sama seperti metoda dermaroller yang harus dilakukan beberapa kali selama beberapa bulan.

 

Chemical Peeling

Chemical peel merupakan metode pemberian asam konsentrasi tinggi untuk membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit yang sensitif merupakan langkah awal untuk memudahkan pengelupasan kulit mati dan flek hitam. Banyak orang yang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah yang cukup lama.

 

Laser Resurfacing

Teknik laser ditempuh melalui penggunaan gelombang cahaya berkecepatan tinggi dalam menghancurkan flek dan noda hitam. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian mengalami penguapan. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng supaya terjadi proses regenerasi kulit baru.

Laser resurfacing untuk mengatasi flek hitam

Ada 2 teknik menghilangkan bekas jerawat yang ditangani dengan menggunakan laser, yaitu: ablatif, yang menghilangkan lapisan luar kulit; dan non-ablatif atau prosedur dimana dermis diperbaiki tanpa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit.

Laser non ablatif akan mengupas lapisan luar kulit, membakar jaringan parut dan merangsang kolagen kulit untuk merapat sehingga parut lebih tersamar. Karena kulit menyerap energi kuat dari laser, bekas perawatan ablatif laser dapat tampak kemerahan hingga beberapa bulan.

Non-ablatif laser merangsang perubahan di kulit tanpa merusak jaringan. Laser jenis ini memanasi kelenjar sebasea, mengurangi sebum dan formasi jerawat. Metode ini harus dilakukan berkali-kali hingga cacat bekas jerawat menipis. Teknik laser membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

Walaupun efektif dalam mengatasi flek hitam tapi sangat mahal, dan bisa menyakitkan. Dan metode ini harus dilakukan berkali-kali hingga flek hitam menjadi semakin menipis dan hilang. Teknik laser membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

Namun untuk kasus melasma, Dr. Brandith Irwin dari klinik Skin Tour mengatakan :

“Sunblok, hidrokuinon, antioksidan, dan krim/cairan topikal merupakan cara menghilangkan spot tersebut, seringkali dikombinasikan dengan pengelupasan ringan atau dengan mikrodermabrasi. Cara laser tidak dianjurkan karena akan membuat melasma semakin buruk”.

 

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Walaupun hasilnya tidak akan cepat, tapi bahan-bahan alami ini bisa dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mencoba cara-cara klinis. Walaupun Sobat jangan terlalu berekspektasi terlalu tinggi.

 

Buah dan sayuran alami untuk menghilangkan flek hitam

1, Air lemon adalah bahan yang paling sering dipakai untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Namun perlu diingat bahwa asam lemon adalah asam berat yang bisa mengiritasi kulit bila kulit Sobat sensitif. Sehingga harus berhati-hati dalam memakainya. Jangan menggosok terlalu keras.

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah

Caranya :

Ambil beberapa buah lemon segar kemudian peras, dan oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas.
Butuh beberapa minggu agar flek hitam Sobat mulai memudar.

 

2. Cara menghilangkan flek hitam lainnya adalah dengan susu asam (atau asam lakat), yang juga merupakan bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi flek.

Caranya :

Oleskan pada flek hitam Sobat, dan biarkan hingga kering selama beberapa menit.
Bilas dengan lembut dengan menggunakan tisu lembut atau handuk. Kemudian oleskan krim pelembab agar kulit menjadi tenang.

 

3. Baking soda.

  • Pilih baking soda yang bertekstur halus, Baking soda bermanfaat untuk mengelupaskan kulit mati.
  • Campurkan air ke sedikit baking soda sehingga agar bisa digunakan sebagai masker.
  • Ketika mengoleskan ke wajah, lalukan pemijatan dengan lembut.
  • Biarkan selama satu menit.
  • Bilaslah dengan air hangat hingga bersih.
  • Supaya kulit menjadi lembab, gunakan beberapa tetes minyak zaitun. Ulangi 2-3 kali seminggu atau tergantung disesuaikan dengan kondisi kulitnya.

 

4. Mengkonsumsi alpukat.

Benarkah alpukat bisa membantu cara menghilangkan flek hitam yang sedang dilakukan? Berikut penjelasannya.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Vitamin E juga merupakan nutrisi kebanyakan orang Amerika yang tidak cukup.

Menariknya, vitamin E nampaknya bahkan lebih efektif bila dikombinasikan dengan vitamin C.

Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit. Kulit anda membutuhkannya untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit anda tetap kuat dan sehat. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang melindungi kulit anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Sehingga, ketika Sobat sedang melakukan cara menghilangkan flek hitam dengan medis pun, sangat perlu untuk mengkonsumsi alpukat untuk mempercepat proses perawatan.

 

5. Bengkuang, mentimun, lidah buaya, atau baking soda.

Untuk cara menghilangkan flek hitam yang membandel maka Sobat akan membutuhkan metode medis melalui bahan farmasi lebih kuat, dan lebih agresif, atau dengan tindakan. Selain itu metoda medis akan mampu mengatasi flek hitam dengan hasil yang lebih cepat.

 

Keterangan :

  1. Dermatitis seboroik atau yang disebut juga dengan eksim seboroik, merupakan salah satu bentuk peradangan kulit yang biasanya menyerang pada kulit jenis berminyak
    Penyebabnya belum diketahui, namun diperkirakan berhubungan dengan jamur Malassezia furfur, yang hidup di kelenjar minyak kulit sebagian besar orang dewasa.

Jumlah visitors919total visits.