Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Noda Hitam 5/5 (1)

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Noda Hitam

Noda hitam misalnya dari bekas jerawat, dan flek hitam (hiperpigmentasi secara umum), disebabkan oleh terbakarnya kulit dari paparan sinar ultra violet. Cara menghilangkan bekas jerawat berupa bintik hitam dan merah-merah ringan bisa saja berhasil dilakukan dengan prosedur alami.

Kita mengenal beberapa cara untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat, berupa bintik hitam dan merah-merah, yaitu dengan cara penghilang noda alami, dan kedua melalui obat topikal oles berupa cream.

Sedangkan untuk flek hitam, melasma, atau sproten membandel dan tebal, maka cara terbaik yang bisa dilakukan, dan terbukti secara medis adalah dengan obat, dan/atau melalui metoda tindakan medis intensif.

cara menghilangkan bekas jerawat

Bintik hitam biasanya diakibatkan oleh luka terfotosintesa. Misalnya ketika mengobati jerawat. Ketika kulit secara intens (dalam rentang waktu cukup lama) terpapar oleh sinar ultra violet dari sinar matahari, maka luka tersebut akan menjadi hitam.

Sehingga sangat penting untuk membentengi kulit dengan memakai tabir surya. Tujuannya adalah agar luka bekas jerawat tidak menjadi bintik gelap.

Melasma, sproten atau chloasma, juga merupakan bintik noda hitam pada kulit. Namun dengan distribusi yang sangat rapat. Pada umumnya mempunyai warna lebih gelap, dan lebih besar dibandingkan hiperpigmentasi lainnya.

Penyebabnya sangat banyak, diantaranya :

  1. Pada wanita, hiperpigmentasi berupa melasma terjadi karena penggunaan pil KB.
  2. Obat-obat tertentu, seperti obat kemoterapi kanker, anti malaria dan amiodaron.
  3. Paparan sinar ultra violet yang intens, dan eksesif.
  4. Focal hyperpigmentation terjadi setelah kulit wajah terluka, terpotong atau terbakar. Juga merupakan akibat dari peradangan, seperti akibat lupus atau jerawat.
  5. Focal hyperpigmentation linear terjadi akibat phytophotodermatitis. Phytophtodermatitis diakibatkan terpaparnya kulit oleh sinar UV dengan yang juga melibatkan furocoumarins (ditemukan dalam seledri dan limau).
  6. Unsur logam seperti perak, emas, bismut dan merkuri menyebabkan hiperpigmentasi saat bersentuhan dengan kulit.

Agar tidak memiliki bekas jerawat, maka janganlah memegang jerawat atau memencet paksa jerawat supaya lekas pecah.

Ada cara lebih baik walaupun kita mungkin sudah tidak sabar ingin segera terbebas dari jerawat yang membandel. Bisa anda baca di artikel menghilangkan jerawat dan bekasnya di web ini.

 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Beberapa bahan alami bisa dipakai untuk menghilangkan bekas jerawat, diantaranya adalah buah lemon, dan mentega susu.

1. Mentega Susu. Asam laktat dari susu asam merupakan bahan alami yang dapat membantu menyingkirkan bintik noda.

Caranya:

  • Ambil mentega susu secukupnya, kemudian oleskan pada bintik hitam bekas jerawat.
  • Biarkan hingga kering selama 1/2 jam.
  • Bilas lembut dengan air dingin. Anda bisa memakai tisu, atau waslap yang lembut.
  • Jangan lupa untuk memakai krim pelembab untuk menetralkan kulit setelah terkena asam.

2. Air lemon bukan hanya segar untuk diminum, namun bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Anda juga tentu tahu bahwa air lemon bisa menghilangkan noda pakaian, menghapus bintik putih sisa laundry dll. Nah, begitu juga air lemon bisa digunakan untuk mengatasi bekas jerawat.

Walau tidak cukup sempurna menghilangkan bintik noda, tapi mampu menyamarkan, dan menjadikan kulit muka lebih terang.

Caranya :

  • Ambil 1 atau 2 buah lemon yang masih segar.
  • Peras airnya, kemudian dioleskan ke lokasi noda dengan bantuan bola kapas.
  • Gunakan terus selama beberapa minggu, dan lihat bagaimana tampilan noda yang insya Allah akan semakin memudar.

 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Tindakan Medis

Bila cara alami di atas masih belum efektif, maka lakukan operasi laser untuk menghilangkan bekas jerawat.

Ya. Mungkin tidak jangkau harganya untuk sebagian orang. Apalagi terapi harus dilakukan berkali-kali.

Cara medis lainnya adalah :

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Chemical Peeling

Jika perawatan permukaan tidak cukup mengatasi bekas jerawat, maka anda bisa mempertimbangkan chemical peel. Dilakukan dengan pemberian asam konsentrasi tinggi. Diklasifikasikan oleh tiga tingkat kekuatan: ringan, menengah dan mendalam. Banyak orang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah cukup lama.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan chemical peeling

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur pemakaian kristal sangat halus untuk menggerus bintik-bintik gelap. Metoda ini sedikit tidak disukai karena membutuhkan proses berkali-kali selama beberapa bulan.

 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Perawatan Laser

Perawatan laser menggunakan gelombang cahaya berkecepatan tinggi untuk menghancurkan bintik noda serta flek hitam.

Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan, kemudian mengalami evaporasi. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng atau kudis. Kemudian seiring dengan waktu, keropeng tersebut akan berkembang menjadi kulit baru yang lebih segar.

Metoda laser sangat efektif, tapi mahal, dan bisa menyakitkan. Dan mungkin harus juga dilakukan berkali-kali. Metoda laser biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat Berupa Bintik Hitam

Untuk menghilangkan bekas jerawat di muka yang terlalu dalam, maka sepertinya perawatan melalui cara alami kurang begitu efektif, sehingga membutuhkan bantuan krim penghilang noda dan beberapa komponen tambahan lain (misalnya milk cleanser, sabun, pelembab dll).

Namun, ada beberapa bahan alami seperti lidah buaya, bengkuang, mentimun dan baking soda yang bisa digunakan.

Tapi intinya adalah pengupasan kulit.

Pengupasan adalah usaha untuk mengganti kulit di lapisan permukaan. Diikuti dengan proses pertumbuhan kulit baru ke permukaan. Pengupasan ini bisa dirangsang oleh bahan kimia atau dengan cara manual.

 

Obat Penghilang Bekas Jerawat Rich Amor

Banyak metode pengelupasan alami, namun, metode medis dan farmasi akan bekerja lebih agresif, dan lebih kuat. Selain itu mampu dapat lebih cepat dalam mengatasi noda bekas jerawat.

Metoda ini paling favorit. Dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan Rich Amor memang unik.

Selain efektif menghilangkan, juga biaya lebih minimal. Ada 3 jenis asam yang populer digunakan untuk menangani jerawat dan luka bekasnya, yaitu :

  1. Alpha-hydroxy Acid atau AhA. Jenis asam ini dapat berupa lactic acid, mandelic acid, citric acid, serta glycolic acid. Saat memakai asam ini maka kulit akan mengalami pengupasan ringan, walaupun dipakai oleh kulit dengan jenis sensitif. Sajian Alpha-hydroxy Acid bisa berupa krim, pelembab, atau juga serum.
  2. Beta-hydroxy Acid, atau BhA, atau asam salisilat. Banyak disertakan di berbagai produk anti jerawat yang dijual bebas. Asam salisilat bila dalam konsentrasi sedang sampai kuat cukup efektif menyamarkan bintik-bintik gelap. Asam salisilat disajikan dalam bentuk krim, serum, atau peeling.
  3. Retinoid Acid atau lebih populer disebut dengan Retin-A. Retinoid Acid adalah derivatif dari vitamin A. Retinoid Acid sangat bagus untuk menghilangkan bekas jerawat, dan mempercepat reaksi penyerapan obat jerawat, serta mengeringkan jerawat. Sajiannya dapat berupa toner, krim, atau gel. Retinoid Acid sangat populer dipakai di dunia medis untuk mengatasi jerawat.

Ikhtisar tips menghilangkan bekas jerawat bisa dilihat di video berikut :

 

Hasil Perawatan Bekas Jerawat Dengan Rich Amor

Pada umumnya di bulan pertama sudah banyak perubahan yang terjadi :

  • kulit sudah lebih cerah
  • noda bekas jerawat mulai memudar
  • daerah selain bekas jerawat, biasanya mengalami peningkatan kualitas lebih cepat dibandingkan daerah yang bernoda. Terkadang terlihat seolah-olah flek hitam semakin jelas terlihat akibat daerah lainnya sudah mulai terang.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tip Sobat ©2017