Cara Menurunkan Berat Badan Yang Alami Tapi Efektif No ratings yet.

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Alami Tapi Efektif

Banyak cara dan tips menurunkan berat badan yang menjanjikan reaksi yang cepat, tapi tanpa bukti yang meyakinkan. Kita malah menghabiskan banyak biaya, dengan cara diet yang sangat menyiksa badan.

Kelebihan berat badan memang mempunyai beberapa resiko, Beberapa bagian kulit mungkin akan terlihat lebih hitam, sehingga membuat kulit badan belang. Tapi anda tetap harus memilih cara yang aman untuk menurunkan berat badan, dan tidak mudah tergiur dengan cara-cara instan yang membuat kesehatan menjadi terganggu.

Tips alami menurunkan berat badan

Namun selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah menemukan sejumlah strategi yang tampaknya efektif.

Berikut adalah tips mencapai berat ideal yang sebenarnya berbasis bukti. Kuncinya adalah kedisiplinan dalam menjalankan tips-tips tersebut.

Cara menurunkan berat badan

 

1. Minum Air, Khususnya Sebelum Makan
Seringkali diklaim bahwa air minum dapat membantu menurunkan berat badan, dan ini benar adanya.

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30% selama periode 1-1,5 jam, sehingga membantu membakar beberapa kalori.

Satu studi menunjukkan bahwa minum setengah liter air, setengah jam sebelum makan akan membantu pelaku diet makan lebih sedikit kalori dan kehilangan berat 44% lebih banyak.

2. Sarapan Dengan Telur
Bukan telur goreng, tapi telur utuh.
Mengkonsumsi telur utuh bisa memiliki segala macam manfaat, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa mengganti sarapan berbasis butir dengan telur dapat membantu anda mengonsumsi lebih sedikit kalori selama 36 jam berikutnya, dan menurunkan berat badan lebih banyak dan lebih banyak lemak tubuh.

Jika tidak bisa makan telur untuk beberapa alasan, maka tidak apa-apa. Setiap sumber protein berkualitas untuk sarapan harus melakukan triknya.

3. Minum Kopi Hitam
Minumlah kopi murni dari biji pilihan, bukan kopi instan. Kopi berkualitas penuh dengan antioksidan, dan bisa memiliki banyak manfaat kesehatan .

Studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%, dan meningkatkan pembakaran lemak hingga 10-29%.

Jangan menambahkan segelas gula atau bahan berkalori tinggi lainnya ke dalamnya, karena akan memangkas keuntungan yang didapatkan dari kopi.

4. Minum Teh Hijau
Seperti kopi, teh hijau juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk penurunan berat badan.

Teh hijau mengandung sejumlah kecil kafein, tapi juga mengandung antioksidan kuat yang disebut katekin, yang juga dipercaya bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Meski buktinya beragam, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Masak Dengan Minyak Kelapa Bukan Minyak Sawit
Minyak kelapa sangat sehat. Tingginya lemak khusus disebut trigliserida rantai menengah, yang oleh tubuh akan dimetabolisme secara berbeda dari pada lemak lainnya.

Lemak ini telah terbukti meningkatkan metabolisme hingga 120 kalori per hari, dan juga mengurangi nafsu makan. Sehingga anda akan mengkonsumsi 256 kalori lebih sedikit per hari.

Perlu diingat bahwa ini bukan tentang menambahkan minyak kelapa ke atas makanan, tapi mengganti minyak goreng dengan minyak kelapa.

6. Konsumsi Suplemen Glucomannan
Serat yang disebut glukomannan telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan dalam beberapa penelitian .

Glucomannan adalah jenis serat yang menyerap air dan diam di usus untuk sementara. Sehingga anda akan merasa lebih kenyang, dan akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang meminum suplemen glucomannan akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak.

7. Kurangi Gula Aditif
Gula aditif merupakan unsur terburuk dalam makanan modern, tapi kebanyakan orang malah mengkonsumsinya terlalu banyak . Simak pula artikel info diabetes.

Studi menunjukkan bahwa sirup gula (dan sirup jagung fruktosa tinggi) sangat terkait dengan risiko obesitas, serta penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan lain-lain.

Jika ingin menurunkan berat badan, anda harus mengurangi gula aditif.

8. Kurangi Makan Karbohidrat
Karbohidrat olahan biasanya gula, atau biji-bijian yang telah dilucuti dari bagian berserat dan bergizi (termasuk roti putih dan pasta).

Studi menunjukkan bahwa karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, menyebabkan rasa lapar, dan malah peningkatan asupan makanan beberapa jam kemudian. Mengkonsumsi karbohidrat olahan sangat terkait dengan obesitas.

Jika akan makan karbohidrat, pastikan untuk memakannya dengan serat alami.

9. Diet Dengan Rendah Karbohidrat
Apabila ingin mendapatkan semua manfaat pengurangan karbohidrat, maka pertimbangkan untuk menjalani diet rendah karbohidrat .

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet seperti itu dapat membantu anda menurunkan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak, sekaligus meningkatkan kesehatan pada waktu yang bersamaan.

10. Gunakan Piring Makan Yang Lebih Kecil
Tips berikutnya adalah menggunakan piring yang lebih kecil telah terbukti membantu orang secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam beberapa penelitian. Trik aneh, semoga berhasil.

11. Kontrol Porsi Latihan atau Kalori Kalori
Kontrol porsi makan atau menghitung kalori bisa sangat berguna.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa menyimpan buku harian makanan dan menuliskan apa yang anda makan, atau memotret semua makanan dapat membantu menurunkan berat badan.

Apa pun yang meningkatkan kesadaran tentang apa yang akan anda makan mungkin akan berguna.

12. Saat Merasa Lapar, Tetaplah Mengkonsumsi Makanan Sehat
Menjaga makanan sehat dapat mencegah untuk tidak makan sesuatu yang tidak sehat saat lapar.

Bawalah makanan ringan yang mudah dibawa dan mudah disiapkan, seperti buah utuh, segenggam kacang, wortel, yogurt dan telur rebus.

13. Sikat Gigi Setelah Makan Malam
Menyikat gigi dan / atau berkumur setelah makan malam. Maka anda tidak akan tergoda untuk menikmati camilan larut malam.

14. Makan Makanan Pedas
Makanan pedas seperti cabe rawit mengandung Capsaicin, senyawa yang bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan sedikit.

15. Lakukan Latihan Aerobik
Melakukan latihan aerobik (kardio) adalah cara terbaik untuk membakar kalori, dan memperbaiki kesehatan fisik dan mental.

Tampaknya sangat efektif untuk menghilangkan lemak perut, yaitu lemak tidak sehat yang cenderung terbentuk di sekitar organ tubuh dan menyebabkan penyakit metabolik.

16. Angkat Beban
Salah satu efek samping diet yang terburuk, adalah cenderung menyebabkan kehilangan otot dan kemunduran metabolik. Disebut sebagai mode kelaparan (starvation mode).

Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan melakukan semacam latihan ketahanan, seperti mengangkat beban. Studi menunjukkan bahwa angkat beban dapat membantu menjaga metabolisme tetap tinggi, dan mencegah kehilangan massa otot yang berharga.

 

17. Makan Lebih Banyak Serat
Serat sering direkomendasikan untuk tujuan penurunan berat badan. Meski buktinya diperdebatkan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa serat (terutama serat kental) dapat meningkatkan rasa kenyang, dan membantu mengendalikan berat badan dalam jangka panjang.

18. Makan Lebih Banyak Sayuran dan Buah-Buahan
Sayuran dan buah memiliki beberapa khasiat yang membuatnya efektif untuk menurunkan berat badan.

Sayuran dan buah-buahan mengandung sedikit kalori, tapi lebih banyak serat. Juga kaya akan air sehingga mempunyai kepadatan energi yang rendah. Mereka juga butuh waktu sampai habis dikunyah, serta sangat mengenyangkan.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan sayur dan buah cenderung untuk turun berat badannya. Makanan ini juga sangat sehat dan bergizi.

19. Kunyah Lebih Lama
Butuh beberapa saat bagi otak untuk merespon, bahwa anda sudah cukup makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah lebih lambat dapat membantu mengurangi kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

20. Tidurlah Dengan Nyenyak
Tidur sangat diremehkan, tapi mungkin sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga.

Studi menunjukkan bahwa tidur yang buruk merupakan salah satu faktor utama yang meningkatkan risiko obesitas. Yang dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas sebesar 89% pada anak-anak, dan 55% pada orang dewasa.

21. Kalahkan Ketergantungan Akan Pangan
Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap 196.211 individu menemukan bahwa 19,9% orang memenuhi kriteria kecanduan makanan.

Apabila anda menderita kecanduan yang terlalu kuat, dan sepertinya tidak bisa mengendalikan makanan sekeras apapun untuk mencobanya, maka anda mungkin pecandu makanan.

Dalam hal ini, dapatkan bantuan psikiater. Berusaha menurunkan berat badan tanpa menghadapi masalah ini terlebih dahulu sangat mustahil dilakukan.

22. Makan Lebih Banyak Protein
Protein adalah nutrisi terpenting yang paling penting dalam hal menurunkan berat badan .

Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme 80 hingga 100 kalori per hari, sekaligus membantu anda merasa kenyang, sehingga anda dapat mengkonsumsi 441 kalori lebih sedikit per hari.

Satu studi juga menunjukkan bahwa protein pada 25% kalori akan mengurangi pikiran obsesif tentang makanan sebesar 60%, sekaligus memotong keinginan untuk ngemil larut malam setengahnya.

Ini adalah satu-satunya tip paling penting dalam artikel ini.

Cukup menambahkan protein ke makanan (tanpa restriksi apapun) adalah salah satu cara termudah, paling efektif dan paling enak untuk menurunkan berat badan.

23. Suplemen Dengan Whey Protein
Jika anda berjuang untuk mendapatkan cukup protein dalam makanan, maka suplemen dapat membantu.

Satu studi menunjukkan bahwa mengganti bagian kalori dengan protein whey dapat menyebabkan penurunan berat badan sekitar 8 kilogram. Yang sekaligus meningkatkan massa otot tanpa lemak.

24. Jangan Minum Minuman Berkalori, Termasuk Soda Manis dan Jus Buah
Gula itu buruk, tapi gula dalam bentuk cair malah lebih buruk lagi. Studi menunjukkan bahwa kalori gula cair mungkin merupakan satu-satunya aspek penambah berat badan dari makanan modern.

Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa minuman bergula manis terkait dengan 60% peningkatan risiko obesitas pada anak-anak, untuk setiap porsi harian.

Perlu diingat bahwa ini juga berlaku untuk jus buah yang mengandung gula dalam jumlah sedikit. Makan buah utuh, tapi gunakan jus buah dengan hati-hati (atau hindari sama sekali).

25. Makan Makanan Roti, Makanan Tunggal
Jika anda ingin menjadi orang yang lebih ramping dan sehat, maka salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri adalah dengan mengkonsumsi makanan tunggal dan bahan tunggal.

Makanan ini akan secara alami mengisi (mengenyangkan).

Perlu diingat bahwa makanan sungguhan tidak memerlukan daftar bahan yang banyak, karena makanan asli adalah ramuan aslinya.

26. Jangan “Diet”, Konsumsilah Makan Sehat
Salah satu masalah terbesar dengan “diet”, adalah bahwa mereka hampir tidak pernah berhasil dalam jangka panjang.

Yang ada adalah orang yang “diet” akan cenderung mendapatkan lebih banyak berat badan dari waktu ke waktu. Dan penelitian menunjukkan bahwa diet adalah prediktor konsisten untuk kenaikan berat badan di masa depan.

Alih-alih melakukan diet, jadikan lah tujuan untuk menjadi orang yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih bugar. Fokus saja pada pemenuhan nutrisi bagi tubuh, bukannya serta merta menghentikannya.

Penurunan berat badan harus berjalan dengan alami.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tip Sobat ©2017