Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Pepaya 4/5 (1)

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Buah Pepaya

Banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari minyak tea tree, cuka sari apel, putih telur, dan lain-lain.

Dan yang belum banyak dibahas adalah cara alami menghilangkan jerawat dengan buah pepaya.

Padahal pepaya yang masih tidak terlalu matang, atau masih agak hijau, telah digunakan oleh banyak orang sebagai obat jerawat selama berabad-abad.

Zat papain di dalam buah pepaya, adalah enzim yang bisa menurunkan resiko peradangan, memecah unsur-unsur racun, serta membuat kulit menjadi halus.

Cara alami menghilangkan jerawat dengan buah pepaya

Keberhasilan pepaya dalam mengatasi jerawat dapat diketahui dari hasil positif para penggunanya, setelah hanya dalam beberapa kali pemakaian. Pepaya mampu mengeksfoliasi sel kulit mati, sehingga bisa membuka sumbatan di celah pori-pori. Efek lanjutannya adalah bisa menurunkan resiko munculnya jerawat.

Pepaya untuk tujuan pengobatan telah dipakai sejak pertengahan abad ke 14 di berbagai tempat, terutama di Asia, Amerika, dan Eropa.

Manfaat pepaya sebagai pencegahan, berasal dari kemampuannya untuk membersihkan jaringan kulit, dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, dan bisa merangsang kulit baru yang lebih segar.

Bila anda secara rutin mengkonsumsi buah pepaya, maka akan memberi manfaat lain yaitu bisa mengatasi jerawat yang meradang. Selain itu karena mengandung beta-karoten, maka pepaya akan menjadi sumber antioksidan penting bagi tubuh. Anti oksidan ini adalah sebagai zat perlindungan bagi kulit serta membantu proses regenerasi sel-sel kulit.

 

Apakah benar pepaya bisa untuk menghilangkan jerawat?

Tidak semua orang yakin bahwa menggunakan pepaya untuk mengatasi jerawat adalah alternatif sehat yang alami. Karena belum ada bukti ilmiah dalam pemanfaatan pepaya untuk memerangi jerawat, maka beberapa orang menganggap hal itu sebagai rekaan semata.

Sedangkan efektivitas penggunaan pepaya untuk pengobatan jerawat, terutama dengan memakannya, menjadi subyek perdebatan. Namun begitu, banyak penelitian dan testimonial yang telah membuktikan keberhasilannya.

Berikut manfaat pepaya yang disampaikan oleh para pendukungnya :

  1. Pepaya mengandung bahan anti-inflamasi, sehingga mengurangi kemerahan, bengkak, dan pembentukan jerawat yang penuh nanah.
  2. Buah pepaya mengandung lycopene, yang melindungi kulit dari radikal bebas penyebab jerawat.
  3. Pepaya menghilangkan sel kulit mati, dan kelebihan lipid di permukaan kulit. Sehingga membuat kulit menjadi lembut dan halus.
  4. Beta-karoten dalam pepaya merangsang regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.
  5. Pepaya mengandung vitamin B dan C, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah produksi minyak berlebih.
  6. Dapat menghilangkan noda bekas jerawat, bekas luka, dan noda lainnya.
  7. Pepaya mengandung papain dan chymopapain. Dua enzim dengan sifat anti jamur, antibakteri, dan antiviral. Sehingga dapat mengupas kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dan zat papain tersebut menyediakan protein kulit untuk melawan pembentukan jerawat.

 

Cara membuat ramuan pepaya untuk menghilangkan jerawat

Sebagai aplikasi topikal untuk mengatasi jerawat, anda dapat menjadikan pepaya sebagai bahan untuk facial.

Caranya :

  1. Oleskan masker pepaya dan biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  2. Bagian berdaging dari pepaya, dapat dijadikan sebagai masker, dan bermanfaat sebagai agen anti-mikroba. Hal ini dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab jerawat.
  3. Setelah selesai dilakukan, cuci wajah dengan lembut.

Papain, enzim protein yang mudah larut, sangat efektif untuk memecah protein. Sehingga sering digunakan untuk melumatkan daging. Bahkan papain juga sering digunakan sebagai salah satu bahan terkemuka di dalam lotion dan krim anti-kerut.

 

Pepaya dengan Madu

Madu mentah mampu untuk melembabkan dan melembutkan kulit, dan sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya :

  1. Campurkan 4 potongan pepaya dengan 2 sendok teh mentah, dan madu organik. Blender sampai halus.
  2. Oleskan ke kulit dan biarkan 30 – 45 menit.
  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan.
  4. Ulang setiap hari

Catatan: Anda bisa menambahkan 1 butir telur atau beberapa tetes minyak pepaya atau setengah tumbuk apel untuk menambah khasiatnya.

 

Pepaya dengan Cendana dan Madu

Memakai cendana adalah cara alami untuk menghilangkan jerawat, dengan proses yang akan menjadi agen untuk membuang racun dari pori-pori.

Caranya :

  1. Di dalam blender, campur beberapa potongan pepaya yang sudah masak, 1 sendok teh bubuk cendana dan madu.
  2. Oleskan untuk membersihkan kulit dan biarkan pada 10 menit.
  3. Bilas dengan air dingin dan keringkan.
  4. Ulang 3 kali seminggu.

Demikian beberapa tips memakai buah pepaya untuk menghilangkan jerawat. Disarikan dari berbagai sumber.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tip Sobat ©2017