Benarkah Odol Dan Es Bisa Sebagai Obat Jerawat Alami ? No ratings yet.

Benarkah Odol Dan Es Bisa Sebagai Obat Jerawat Alami ?

Odol, obat jerawat alami yang paling populer

Konon menggunakan odol adalah cara alami menghilangkan jerawat yang paling populer di masyarakat. Disebutkan bahwa odol mempunyai manfaat untuk mengeringkan jerawat yang memerah. Biasanya, jerawat diolesi odol sebelum tidur, dan esok paginya kering karena odol menyerap kelebihan minyak.

Menurut Dr. Neal Schultz, ahli dermatologi dari New York, odol mengandung baking soda, hydrogen peroxide, alcohol, menthol, essential oil, dan triclosan.

Memang bisa membuat jerawat kering.

Namun ia membuat catatan penting, bahwa tidak ada bahan yang terkandung di dalam odol yang bisa menyembuhkan jerawat dengan efektif, dibandingkan perawatan dengan obat jerawat konvensional.

Odol sebagai obat jerawat alami

Dr. Baxt, rekan dari Dr. Schultz, lebih jauh memperingatkan bahwa akan ada reaksi lain dari pemakaian odol terhadap kulit, yaitu risiko akan terjadi iritasi.
“Pasta gigi mengiritasi kulit, jadi beberapa orang mungkin percaya bahwa itu mengeringkan jerawat, tapi yang sebenarnya adalah akan mengiritasi, dan menyebabkan kemerahan serta┬ámengelupas.”
Dr. Schultz juga memperingatkan bahwa “reaksi pengeringan yang berlebihan dan efek kulit terasa terbakar dapat terjadi pada kulit sebagai reaksi dari pemakaian odol pada jerawat.”

Senada dengan 2 ahli dermatologi di atas, Dr Mahendra Patel, ahli farmasi dan anggota Royal Pharmaceutical Society, yang mengatakan hal yang sama.
“Odol mengandung berbagai bahan kimia, yang sering kali dapat memperburuk kondisi jerawat, dan bahkan menyebabkan iritasi pada kulit,” katanya.

Jadi dari mana pertama kali odol disebut-sebut sebagai bahan alami sebagai obat jerawat? “Mungkin ditemukan oleh seseorang yang mengoleskan odol pada jerawat di dekat mulut mereka, dan melihat itu membantu penyembuhan jerawat,” Dr. Schultz berhipotesis.

Meski begitu Dr. Baxt tidak mendukung metode ini. “Banyak orang menggunakan pengobatan di rumah dan mencoba sesuatu di lemari obat untuk membersihkan wajah mereka. Pasta gigi akan mengiritasi kulit, dan jerawat mungkin akan hilang bersamaan dengan iritasi. Namun odol sama sekali bukan pengobatan primer untuk jerawat. Obat-obatan bebas seperti benzoyl peroxide dan asam salisilat bekerja sangat baik untuk membersihkan jerawat – dan membantu mencegahnya juga.

 

Es batu, cara alami mengatasi nyeri jerawat

Menempelkan es batu memang mempunyai beberapa manfaat pada jerawat. Tapi hanya bersifat sementara. Karena pada kenyataannya, es batu tidak mengandung bahan aktif apa pun untuk membunuh bakteri jerawat.

Ada beberapa manfaat sementara dari menempelkan es batu.
1. Mengurangi ukuran jerawat. Untuk peradangan apa pun, menempelkan es batu pada jerawat selama beberapa menit dapat membantu mengurangi pembengkakan.

2. Mengurangi ukuran jerawat.

3, Mengurangi kemerahan. Walaupun es batu tidak bisa mengatasi bekas dari jerawat, namun es batu bisa meredakan nyeri dengan membuat area tersebut mati rasa, dan menekan pembuluh darah sehingga membuat jerawat tidak begitu memerah.

4. Mengurangi rasa sakit. Untuk jerawat kista besar dan menyakitkan maka es untuk beberapa saat bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh bengkak tersebut.

Namun jangan lah menempelkan es batu lebih dari 1 menit, karena malah akan merusak jaringan kapiler halus di bawah kulit.

Bila terpaksa menggunakan es batu untuk meredakan rasa sakit, ikutilah langkah berikut:

  1. Pastikan kulit bersih dan baru dicuci.
  2. Bungkus es batu dengan lap tipis – jangan sekali-kali menerapkan es langsung ke kulit.
  3. Letakkan es batu yang terbungkus di atas jerawat.
  4. Tahan di tempat jangan lebih dari 1 menit, karena akan merusak kulit di sekitarnya.
  5. Setelah es dijauhkan dari kulit, tunggulah 5 menit. Dan jika perlu, memakai kembali selama 1 menit lagi.

Dan daripada anda bereksperimen dengan macam-macam cara yang tidak mempunyai dasar medis yang kuat, sebaiknya mengikuti cara menghilangkan jerawat yang benar dan sudah dibuktikan secara klinis. Sayang waktu dan biaya bila langkah intensif tidak segera dilakukan.

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tip Sobat ©2017